1. HOME
  2. PARIWISATA

'Rakyat harus menjadi bagian Festival Teluk Humboldt IX '

Festival Teluk Humbold kembali digelar.

©2017 Merdeka.com Editor : Ibnu Siena | Selasa, 08 Agustus 2017 07:59

Kota Jayapura - Merdeka.com Festival Teluk Humbold kembali digelar. Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menegaskan, masyarakat harus menjadi bagian dalam Festival Teluk Humbold ke IX.

"Terima kasih Walikota Jayapura yang telah mengagas pesta rakyat ini namun perlahan, festival ini harus diambil alih oleh masyarakat yang harus jadi bagian di dalamnya," katanya dalam pembukaan rangkaian acara Festival Teluk Humbold ke – IX di Pantai Hamadi, Jayapura, Kamis (3/7).

Klemen juga menambahkan, festival ini harus membawa dampak bagi masyarakat luas terlebih warga Port Numbay. Beliau juga berharap agar kegiatan tersebut dapat berbobot dan berkualitas dengan memberikan outcome. Pemerintah juga merencanakan dan implementasi atau input dan adanya laporan pertanggung jawaban atau output dan tidak adanya outcome.

"Pemerintah Provinsi Papua berkomitmen untuk hanya menjadi fasilitator, ke depannya masyarakat harus menjadi bagian di dalam setiap pesta rakyat dengan berinisiatif menyelenggarakannya," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano apresiasi kehadiran Wakil Gubernur Papua yang menunjukkan adanya perhatian dan keterlibatan serius antara Pemprov dengan Pemkot.

"Hari ini, tanah dan negeri Port Numbay bersuka cita karena kerendahan hati seorang pemimpin turut terlibat dalam pesta rakyat," kata Benhur.

Benhur pun berharap masyarakat turut menjadi bagian dari acara tersebut tidak hanya melihat saja. selain itu juga mengharapkan untuk lebih memamerkan produk noken warna warni khas Port Numbay.

"Ada aksi nyata warga ke depannya dalam festival serupa, saya juga berharap ada stand khusus Mama-mama Papua memamerkan produk noken warna-warni khas Port Numbay, kalau perlu bercorak nasionalisme seperti merah putih," sebutnya.
 
Festival yang berlangsung sejak tanggal 3–7 Agustus 2017 dibuka oleh Tarian Perang suku Serui. Kemudian dimeriahkan Tarian Kolosal dari siswa-siswi SMP dan SMA se-Kota Jayapura yang merepresentasi tema Festival Humbold, "Warna-Warni Pesona Port Numbay."(rep/LolitaS)

(IS)
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata