1. HOME
  2. PARIWISATA

Pesona Danau Sentani Jayapura

Danau yang berjarak kurang lebih 50 km dari jayapura memiliki objek alam serta budaya asli yang potensial.

©2017 Merdeka.com Editor : Ibnu Siena | Rabu, 02 Agustus 2017 06:41
Kota Jayapura terletak di Timur Indonesia memiliki banyak pesona alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Danau Sentani yang terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops dan memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau Sentani sendiri ini memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 mdpl. 
 
Danau yang berjarak kurang lebih 50 km dari jayapura memiliki objek alam serta budaya asli yang potensial. Di danau ini juga diadakan Festival Danau Sentani (FDS) untuk menarik para wisatawan, biasanya festvial ini diadakan di pertengahan Bulan Juni. FDS menjadi agenda tahunan sejak 2008. FSD menyediakan pertunjukan seni dan tari tradisonal, pameran kuliner tradisional, hingga kerajinan rakyat. 
 
Danau Sentani dikelilingi oleh 21 pulau-pulau kecil yang menghiasi danau. Di danau ini juga memiliki tempat-tempat menarik untuk menikmati sunset. Bahkan pengunjung bisa menyewa perahu untuk berkeliling mengitari danau atau sekadar berkunjung menuju pulau-pulau kecil. Selain itu, pengunjung juga bisa berenang, bersampan, menyelam, memancing, ski air hingga wisata kuliner. 
 
Selain memiliki pesona yang indah, di danau ini memilik 30 spesies ikan air tawar antaranya, Ikan Gabus Danau Sentani, Ikan Pelangi Sentani, Ikan pelangi Merah, dan Hiu Gergaji, ikan-ikan tersebut merupakan endemik dari Danau Sentani. Dari ikan-ikan tersebut, populasi Ikan Gabus Danau Sentani semakin menurun karena telur ikan tersebut dimakan oleh Ikan Gabus dari jenis lain. (rep/Aman Faras)
(IS)
KOMENTAR ANDA