1. HOME
  2. PARIWISATA

Festival Teluk Humboldt festival unggulan Jayapura

estival tersebut menyajikan tarian-tarian adat, kuliner khas Port Numbay, Suling Tambur, Tarian Lemon Nipis, hingga lomba mengayam rambut.

©2017 Merdeka.com Editor : Ibnu Siena | Rabu, 09 Agustus 2017 09:52
Festival Teluk Humboldt sudah diselenggarakan untuk sembilan kalinya di Pantai Hamadi, Jayapura. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahun dan menjadi agenda Pemerintah Kota Jayapura sekaligus menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia.
 
Festival tersebut menyajikan tarian-tarian adat, kuliner khas Port Numbay, Suling Tambur, Tarian Lemon Nipis, lomba mengayam rambut, lomba menyusun pinang, termasuk stand-stand yang berisi hasil seni, dan kerajinan khas Port Numbay serta stand dari pihak swasta.
 
Festival Teluk Humboldt ini merupakan kegiatan yang sudah masuk dalam kalender wisata nasional di lingkungan kementerian pariwisatan dan ekonomi kreatif dan merupakan ajang pengekspresian karya seni dan budaya tradisional. Selain itu juga menjadi pariwisata unggulan yang patut untuk dikunjungi. 
 
Festival teluk Humboldt ini juga mengangkat atau menampilkan keragaman budaya yang ada di 14 kampung. Kegiatan tersebut enjadi ajang untuk mengangkat budaya asli Papua dan memantapkan nilai-nilai adat yang ada di wilayah Port Numbay.
 
Festival tersebut mengacuh pada visi dan misi kota Jayapura, yaitu mewujudkan kota beriman, yang maju mandiri, sejahtera, modern, berbasis kearifan lokal. Pemerintah daerah mengharapkan  dengan festival ini tetap dijaga, memelihara, dan melestarikan. 
 
Selain itu banyaknya pengushar yang menginvestasikan modalnya dalam usara sarana dan jasa wisata. Hal lainnya adalah agar kegiatan objek wisata ini lebih di kenal maka diharapkan agar instansi terkait untuk melaksanakan ajang promosi yang lebih luas yang dapat mendatangkan para wisata baik domestic maupun manca negara. (rep/Lolitas)
(IS)
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata