1. HOME
  2. KABAR KOTA JAYAPURA

Wali Kota Jayapura keluarkan surat edaran larangan pungli

Surat edaran yang baru diterima bagian humas itu akan diedarkan di media elektronik dan cetak yang ada di Kota Jayapura.

©2018 Merdeka.com Editor : Hery Hardjo Winarno | Jum'at, 29 September 2017 15:07

Kota Jayapura - Merdeka.com Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretaris Daerah Kota, Rocky Bebena menyerukan kepada seluruh instansi, Organisasi Perangkat Daerah, kepala puskesmas, kepala sekolah, kepala kelurahan, kepala pemerintahan kampung, agar tidak melakukan pemungutan liar selama melakukan pelayanan kepada masyarakat.

"Hal ini sesuai surat edaran yang dikeluarkan Surat edaran Wali Kota Jayapura nomor 356/2156. Tentang larangan praktik pungutan liar di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura," jelas Rocky Bebena, Kamis (28/9).

Menurut Rocky Bebena, surat edaran yang baru diterima bagian humas akan diedarkan di media elektronik dan cetak yang ada di Kota Jayapura.

"Arahan pak Wali Kota surat edaran ini akan diedarkan melalui media media yang ada di Kota Jayapura, untuk diketahui seluruh Aparat Sipil Negara," tambahnya.

Surat edaran yang dikeluarkan merupakan tindak lanjut dari surat edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2016 tentang pemberantasan praktik pungutan liar (pungli).

Berikut petikan Surat Edaran Wali Kota Jayapura tersebut:

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah berkaitan dengan hal tersebut maka kami memerintahkan kepada saudara dan seluruh pejabat pegawai di unit saudara untuk melaksanakan hal-hal sebagai berikut:

Tidak melakukan pungutan apapun yang menyangkut tugas pokok dan fungsi sebagai aparatur sipil negara aparatur desa kecuali diatur oleh peraturan perundang-undangan.

Memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat terhadap standar pelayanan dan persyaratan layanan secara transparan dan menindak tegas Aparatur Sipil Negara, aparatur desa yang terlibat sebagai pelaku pengutan liar sesuai peraturan perundang-undangan demikian untuk dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

(HHW)
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata