1. HOME
  2. KABAR KOTA JAYAPURA

Tarian warga PNG warnai HUT RI ke-72 tingkat Kota Jayapura

Stephen sangat senang dengan adanya kegiatan ini yang semakin memperkuat hubungan antar negara RI dan PNG terutama dengan Kota Jayapura.

©2017 Merdeka.com Reporter : Anwar Khumaini | Jum'at, 18 Agustus 2017 17:56

Kota Jayapura - Merdeka.com Puluhan Warga negara tetangga Papua Nugini (PNG), ikut meriahkan Upacara Bendera dalam rangka HUT Ke-72 RI. Kehadiran para penari dari negara tetangga ini, merupakan para tamu kehormatan Walikota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM, yang sengaja diundang menghadiri detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ditandai dengan  pengibaran bendera merah putih.
 
"I am very happy to be here, this kind of activity will strengthen and unite between Indonesia and Papua New Guinea, we should have a lot of these events like in the social sector that we combined people together to creates the relationship," kata Stephen Kengu, koordinator tarian adat desa Waluma, Vanimo, Papua New Guinea pasca menampilkan tarian adat di hadapan Walikota dan Wakil Walikota, Kamis 17 Agustus 2017.
 
Stephen sangat senang dengan adanya kegiatan ini yang semakin memperkuat hubungan antar negara RI dan PNG terutama dengan Kota Jayapura. Melalui sektor sosial dengan turut berpartisipasi dalam peringatan besar bangsa Indonesia, ia berharap mampu mengembangkannya lagi menjadi hubungan yang lebih baik ke depannya. Mereka diundang langsung oleh Walikota Jayapura dalam kesempatan merayakan HUT RI yang bertempat Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Mako Lantamal X).
 
Di sela-sela sebelum menampilkan atraksi tarian adat mereka, Stephen menjelaskan bahwa mereka berkerabat dengan warga Kampung Tobati, Enggros, Kayu Pulo, dan Kayu Batu. Untuk itu, menjadi hal yang lumrah jika mereka sering mengunjungi Papua terutama ketika ada perayaan adat. Tarian yang mereka persembahkan merepresentasikan seorang laki-laki yang hendak melamar perempuan yang dipilihnya. Untuk itu pola tarian mengelilingi Walikota dan Wakil Walikota sebagai pusat perhatian mereka.
 
Di akhir tarian, Stephen memberikan souvenir khas PNG berupa Noken dan Pahatan dari kayu kano yang merepresentasi Nelayan dan Perahu Kano. Ia juga mengaku ini kali pertama mereka mengisi di hari besar Kemerdekaan Indonesia bersama Walikota. "We do perform at Independence day in our country which is on September 16th, 1975, so later we'll celebrate the 42nd of our indepence day," tukasnya.

(AK/AK)
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata