1. HOME
  2. KABAR KOTA JAYAPURA

Rakornis, Wali Kota Jayapura akan penjarakan pihak yang salah gunakan dana desa

Rakornis tersebut dihadiri 14 Kepala Kampung di Kota Jayapura selaku pengelola dana desa, Kepala Bamuskam, serta pengawas dana desa.

©2018 Merdeka.com Editor : Hery Hardjo Winarno | Rabu, 04 Oktober 2017 12:09

Kota Jayapura - Merdeka.com Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano menggelar rapat teknis (rakornis) penggunaan dana desa. Dalam rapat tersebut, Benhur mengancam akan memenjarakan orang yang menyalahgunakan dana desa.

"Jangan main-main dengan dana kampung, KPK mengawasi dan saya instruksikan untuk menangkap dan memenjarakan mereka yang menyalahgunakan dana ini," kata Benhur dalam pembukaan Rakornis Pengelolaan Dana Desa di Aula Sian Sioor, Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (28/9) lalu.

Rakornis tersebut dihadiri 14 Kepala Kampung di Kota Jayapura selaku pengelola dana desa, Kepala Bamuskam, serta pengawas dana desa meliputi Pendamping Dana Desa, Bhabinkamtibnas dan Babinsa.

Berdasarkan program Nawa Cita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, perihal penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di desa yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, Pemerintahan tingkat desa mendapat bantuan dari pusat demi mewujudkan pembangunan dari desa ke kota.

Sebagai lembaga pengawas, Wali Kota mengundang Kapolres Kota Jayapura, Dandim 1701, Kajari, beserta Babinsa dan Bhabinkamtibnas untuk turut mengawal penyelenggaraan dana desa ini. Dalam paparan laporan para kepala kampung, Wali Kota menekankan bahwa dalam forum tersebut semua harus transparan dan terbuka. Dia menemukan beberapa kepala kampung yang masih menggunakan dana tidak tepat sasaran.

Di akhir Rakornis, Wali Kota bersama para kepala kampung beserta Bhabinkamtibnas, dan Babinsa menandatangani Pakta Integritas sebagai wujud komitmen penggunaan dana tepat sasaran.

"Kampung menerima banyak dana, jangan sampai uang itu disalahgunakan, selain dana desa ada juga DP2K, belum lagi dari OPD terkait, dengan jumlah warga yang tak seberapa dengan bantuan miliaran itu sudah sangat mensejahterakan rakyat," katanya.

(HHW)
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata