1. HOME
  2. KABAR KOTA JAYAPURA

PT Jasindo serahkan klaim asuransi nelayan

Nilainya mencapai Rp 300 juta lebih.

©2017 Merdeka.com Editor : Ibnu Siena | Selasa, 22 Agustus 2017 07:16

Kota Jayapura - Merdeka.com Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Perikanan Kota Jayapura bersama PT Jasa Indonesia Persero Asuransi (Jasindo) cabang Papua, serahkan klaim asuransi Nelayan pertama di Papua. Nilainya mencapai Rp 300 juta lebih.

"Ini merupakan klaim pertama di Papua dengan nominal klaim di antaranya meninggal di laut sebesar Rp 200 Juta, meninggal di darat Rp 160 Juta dengan kriteria umur di bawah 65 tahun disebabkan oleh kecelakaan atau sakit," kata Seno Joko Purwanto, Kepala Cabang PT Jasindo Papua saat menyerahkan Asuransi Nelayan, Hamadi Tanjung, Senin 21 Agustus 2017.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano dalam penyerahan Asuransi Nelayan menerima secara simbolik klaim asuransi dan Kartu Nelayan.

"Ini satu komitmen saya dengan para nelayan di Kota Jayapura sesuai dengan program kerja saya yang saya sampaikan kepada masyarakat, namun para nelayan juga harus memenuhi aturan administrasi kependudukan seperti membuat e-KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran agar klaim asuransi bisa tersalurkan dengan baik ke depannya," katanya.

Asuransi Nelayan ini merupakan program Pemerintah Kota Jayapura untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan swasembada pangan di Indonesia. Asuransi ini bersifat gratis yang dibayarkan premi sebesar Rp 175.000 per bulan oleh Pemerintah Kota. PT Jasindo dipercaya untuk mengurus klaim santunan kepada nelayan. Syarat utama penerima asuransi ini adalah Kartu Nelayan, dengan kriteria berusia di bawah 65 tahun.

Bagi nelayan yang sudah terdaftar dan memiliki Kartu Nelayan secara otomatis terdaftar sebagai penerima asuransi ini. Pada tahun 2016, Kota Jayapura sudah mendata sebanyak 292 nelayan pemegang Asuransi Nelayan, program ini baru dimulai di tahun yang sama.

Target pemegang Asuransi di tahun 2017 untuk Kota Jayapura sebanyak 1000 nelayan. Sedangkan untuk tingkat provinsi sebanyak 8000 nelayan. Martina Maniani, penerima klaim Asuransi Nelayan pertama ini sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan atas meninggalkanya Almarhum Naftali Muabuay.

(IS)
KOMENTAR ANDA