1. HOME
  2. KABAR KOTA JAYAPURA

Penuhi standar kota sehat, Wawali Kota Jayapura sidak ke Puskesmas

Wakil Wali Kota memastikan tenaga medis dan paramedis yang memadai dan juga melihat masing-masing ruangan sub bagian di Puskesmas.

©2017 Merdeka.com Editor : Hery Hardjo Winarno | Rabu, 13 September 2017 12:16

Kota Jayapura - Merdeka.com Wakil Wali Kota Jayapura, Ir Rustan Saru menekankan bahwa sebagai Kota Sehat, Kota Jayapura harus memenuhi standar kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Hal itu dia buktikan dengan melakukan sidak di Puskesmas Hamadi, Jayapura Selatan.

"Beberapa hal perlu diperbaiki di lingkungan Puskesmas dan fasilitas di dalam ruangan seperti toilet umum, kebersihan Puskesmas, saluran irigasi di halaman Puskesmas, dan yang terpenting sterilisasi ruang khusus obat dan perawatan intensif," kata Wakil Wali Kota saat melakukan sidak di Puskesmas Hamadi, Jayapura Selatan, Sabtu (9/9) lalu.

Petugas kesehatan Puskesmas juga tak luput dari sidak yang dilakukan siang itu. Wakil Wali Kota memastikan tenaga medis dan paramedis yang memadai dan juga melihat masing-masing ruangan sub bagian di Puskesmas.

Beberapa ruangan yang diperiksa kebersihan dan kelengkapan fasilitasnya antara lain, ruang dokter poli gigi, ruang apoteker, ruang menyusui, laboratorium, ruang tunggu pasien dan ruang gudang penyimpanan. Kepala Puskesmas Hamadi, Apolonia Yanthewo mengungkapkan bahwa dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat dirinya mengakui Puskesmasnya  masih kekurangan fasilitas ruangan penyimpanan.

"Kiriman biskuit balita dari Kementerian Kesehatan cukup memakan tempat di ruang penyimpanan sehingga pelayanan lain tak maksimal dengan ruang yang terbatas," katanya.

Meski begitu, pihak Puskesmas diminta agar menjaga kebersihan dan fasilitas yang ada agar bisa tetap terpakai hingga bantuan perbaikan Puskesmas dapat dilakukan.


 

(HHW)
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata