1. HOME
  2. KABAR KOTA JAYAPURA

Pengelolaan sektor wisata tidak harus bebankan dana pemerintah

Pengelolaan dan pengembangan sektor wisata di Kota Jayapura tidak selamanya harus membebankan dana APBD Kota Jayapura.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizlia Khairun Nisa | Jum'at, 29 September 2017 18:01

Kota Jayapura - Merdeka.com Pengelolaan dan pengembangan sektor wisata di Kota Jayapura tidak selamanya harus membebankan dana APBD Kota Jayapura. Hal itu disampaikan Kepala Laboratorium Pariwisata Perencanaan Wilayah dan Investigasi Bencana Departemen Pengembangan Wilayah dan Kota dari Universitas Hasanuddin Makassar,Ihsan.

Dikatakan, setelah memperhatikan kondisi yang ada diperlukan strategi yang integratif keterpaduan untuk perencanaan kawasan pariwisata yang ada. Keterbatasan anggaran pembangunan daerah di Kota Jayapura tidak menjadi hambatan dalam mengelola pengembangan pariwisata yang ada.

"Karena banyaknya potensi-potensi dana dari pihak sektor privat (swasta) dan sektor lainnya, seperti dana hibah, maupun Corporate Social Responsibility (CSR). Sehingga beberapa lokasi yang ada bisa menggunakan dana itu untuk pengembangan pariwisata yang ada," jelas Ihsan, saat bersama Wakil Wali Kota dan tim saat melakukan peninjauan lokasi wisata di Kota Jayapura, Sabtu (23/9) lalu.

Menurutnya, setelah melihat lokasi potensi wisata yang ada dan memang memperhatikan juga sektor perdagangan dan jasa yang ada di Kota Jayapura, pariwisata ke depan akan menjadi lokomotif untukĀ  pengembangan Kota Jayapura.

"Karena potensi wisata yang ada sedemikian menariknya, karena terdapat beberapa situs yang berada di lokasi yang memiliki panorama yang lebih baik dan beberapa wilayah yang ada. Sehingga integrasi antar situs dan potensi wisata yang ada dapat menarik sebesar-besarnya wisatawan lokal, nusantara, maupun mancanegara," jelas Ihsan.

Perkembangan potensi wisata Kota Jayapura ke depan akan semakin besar, karena banyak pendatang yang masuk ke Kota Jayapura tentunya akan menghasilkan sejumlah pendapatan bagi Kota Jayapura.

"Semakin lama mereka di Kota Jayapura maka semakin banyak uang yang harus dia keluarkan untuk menikmati Kota Jayapura," tambahnya.

(RKN)
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata