1. HOME
  2. KABAR KOTA JAYAPURA

Pemkot Jayapura raih penghargaan Dukcapil Hebat

Ini merupakan Reward yang diberikan kepada kepala daerah yang memberikan dukungan terhadap peningkatan pelayanan administrasi kependudukan.

©2017 Merdeka.com Editor : Hery Hardjo Winarno | Minggu, 12 November 2017 12:46

Kota Jayapura - Merdeka.com Pemerintah kota Jayapura, menerima piagam penghargaan 'Dukcapil Hebat' dari Kementerian Dalam Negeri, di Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta, Kamis 9 November 2017 lalu. Penyerahan piagam penghargaan diberikan pada acara pembukaan Rakornas dihadiri 1.400 undangan dari perwakilan Gubernur, kepala Dinas Dukcapil Kabupaten/kota, KPUD, dan Panwas provinsi se-Indonesia.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri, Prof.Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH, mengatakan penghargaan diberikan atas inovasi dan dukungan kepala daerah yang merupakan faktor kunci dalam mewujudkan target capaian kinerja dan kualitas pelayanan di bidang pendataan kependudukan.

"Sehubungan dengan itu, melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil tahun 2017 dilakukan penilaian dan pemberian penghargaan kategori 'DUKCAPIL HEBAT' terhadap pengembangan inovasi dan besarnya pelayanan administrasi kependudukan, kepada kepala daerah," jelasnya.

Penghargaan Piagam Dukcapil Hebat yang diberikan kepada Pemerintah Kota Jayapura, merupakan Reward yang diberikan kepada kepala daerah yang memberikan dukungan prima terhadap peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Penghargaan yang baru pertama kali digelar Kementerian Dalam Negeri ini, memiliki kriteria pada kategori ini adalah kepala daerah yang memiliki beragam inovasi dan dukungan anggaran melalui APBD dengan daya ungkit yang besar serta dukungan kepala daerah secara langsung dalam aktivitas pelayanan administrasi kependudukan.

Selain kota Jayapura, Pemerintah Kota Bandung dan Kabupaten Pinrang, menerima penghargaan yang sama, sementara kabupaten Sukabumi dan Bantul memperoleh penghargaan 'Dukcapil Bisa', begitu juga penghargaan 'Dukcapil Selaras' diberikan kepada Kementerian atau Lembaga yang kebijakannya berdampak luas terhadap peningkatan kualitas data dan dokumen kependudukan, dengan kriteria kategori adalah kementerian dan lembaga yang memiliki kebijakan berskala  nasional dan berdampak luas terhadap peningkatan  kualitas data dan dokumen kependudukan yang diberikan kepada  kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Kementerian Agama RI, Mahkamah Agung, dan kepolisan RI,

Sementara penghargaan 'Mitra Dukcapil' diberikan kepada organisasi kemasyarakatan (Ormas)/LSM/Lembaga Nirlaba yang berperan aktif mendukung program administrasi kependudukan yang berskala nasional dan mampu menggerakkan masyarakat dalam mendukung tertib administrasi kependudukan di berikan kepada Pemberdayaan kesejahteraan dan keluarga (PKK) dan gabungan organisasi penyelenggara taman kanak-kanak indonesia (GOP TKI).

Dan penghargaan kategori khusus diberikan kepada bupati kuningan atas dukungan dan komitmen yang kuat dalam menyelesaikan permasalahan  pemenuhan identitas penduduk di kabupaten kuningan.

Hadir mewakili pemerintah kota Jayapura, Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM, Didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE, MM, Kepala Bagian Humas Setda Kota Jayapura, Rocky Bebena, dan sejumlah staf Aparat Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura.

(HHW)
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata