1. HOME
  2. KABAR KOTA JAYAPURA

Pemkot Jayapura minta pelaku usaha berdayakan karyawan asli Papua

"Sesuai amanah visi-misi Wali Kota Jayapura untuk memberdayakan masyarakat asli Port Numbay dan Papua,” tambahnya.

©2017 Merdeka.com Reporter : Anwar Khumaini | Rabu, 13 September 2017 12:36

Kota Jayapura - Merdeka.com Pemerintah Kota Jayapura meminta seluruh pelaku usaha yang berinvestasi di Kota Jayapura agar mempekerjakan karyawan asli Papua, sesuai dengan amanat Undang-Undang Otonomi Khusus atau UU 21 Tahun 2021 Provinsi Papua.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru. MM, ketika meresmikan beroperasinya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) CODO di Padang Bulan, Distrik Heram, Kamis 9 September 2017.

“Saya selalu katakan kunci investasi kalau menguntungkan terima, kalau tidak tolak itu saja kuncinya, dalam pengertian paling tidak dia hadir di sini minimal mempekerjakan karyawan untuk investasi jangka panjang bagi masa depan, tapi saya minta paling tidak diantara 20-30 karyawan minimal 30% orang Papua, mereka dilatih, dididik, dibina termasuk instansi lain bukan saja SPBU dimana saja di Papua ini,” ujar Wakil Wali kota Jayapura, Ir. H.Rustan Saru. MM.

Sebab menurutnya bahwa sebagai wadah untuk berinvestasi, wajib untuk memberdayakan orang asli Port Numbay dan juga papua sesuai dengan visi misi Walikota Jayapura.

"Karena kenapa, ini rumah kita, ini istana kita, ini honai kita, di sini kita berteduh, di sini kita berusaha harus mengutamakan kearifan lokal, sesuai amanah visi-misi Wali Kota Jayapura untuk memberdayakan masyarakat asli Port Numbay dan Papua,” tambahnya.

Di samping itu, dengan diresmikannya SPBU CODO yang merupakan salah satu SPBU proyeksi percontohan pertama di Papua, diharapkan dapat melaksanakan hak dan kewajiban sesuai aturan yang berlaku, yakni pembayaran honor karyawan susuai UMP serta membayar pajak, agar memberikan kontribusi bagi meningkatnya perekonomian di Kota Jayapura.

“Pemerintah menyambut baik, karena ini suatu investasi ya, dalam rangka di samping meningkatkan perekonomian di Kota Jayapura dan juga, meningkatkan pelayanan sosial kepada masyarakat paling tidak itu dua hal,” tutup Wakil Wali Kota. 

(AK/AK)
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata