1. HOME
  2. KABAR KOTA JAYAPURA

Pemkot Jayapura memberikan bantuan ke 12 kelompok UMKM

Program yang dilakukan Dinas Perindustrian Perdaganagan Koperasi dan UKM Kota Jayapura merupakan inovasi terbaru.

©2017 Merdeka.com Reporter : Haris Kurniawan | Selasa, 15 Agustus 2017 15:01

Kota Jayapura - Merdeka.com Sebanyak 12 kelompok Usaha Industri Kecil dan Menengah Terima bantuan dari Pemerinta Kota Jayapura. Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano mengatakan, program yang dilakukan Dinas Perindustrian Perdaganagan Koperasi dan UKM Kota Jayapura merupakan inovasi terbaru.

"Apa yang dilakukan hari ini adalah yang disebut otonomi khusus, bagaimana kita memperdayakan rakyat kita bisa sejahtera dan mandiri ekonominya, mapan diatas tanahnya negeri sendiri itulah wujud yang dilakukan saat ini, untuk usaha ekonomi kecil dengan bantuan langsung kepada masyarakatnya," jelas Benhur, saat memberikan sambutan di PTC Entrop.

Selain Disperindagkop, Walikota juga menyapaikan prestasi yang dicapai oleh dinas yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Jayapura.

"Inovasi itu terlihat di Dispendukcapil temuannya adalah pendataan orang asli Portnumbay berdasarkan marga dan ini sudah dilakukan di Kota Jayapura, inovasi kedua Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah telah menemukan program CSM atau Sistem Manajemen Keuangan, bagaiamana keuangan itu diatur satu tempat, inovasi ketiga dilakukan oleh Kepala Dinas Kepegawaian dan Kepelatihan, yang melakukan  pelayanan satu pintu kepegawaian dan hari ini Kepala Dinas Perindustrian perdagangan Koperasi dan UKM, telah menemukan inovasi koperasi kampung dan koperasi adat, tambah orang nomor satu di Kota Jayapura.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdaganagan Koperasi dan UKM Kota Jayapura Robert Awi mengatakan, acara yang digelar hari ini adalah penandatanganan prasasti dan penyerahan bantuan bahan dan peralatan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah dan pelaku usaha industri kecil menengah yang tersebar diseluruh Kota Jayapura.

"Penandantangan Prasasti 7 unit PPK, penyerahan bantuan bahan dan peralatan bagi pelaku UMKM dan pelaku IKM di Kota Jayapura," jelasnya.

Maksud pemberdayaan UMKM dan IKM adalah usaha industri kecil menenga dan UMKM serta tempat pelayan koperasi adalah untuk memberikan kesempatan dalam mengembangan usaha yang produktif serta pelayanan yang layak demi terwujudnya kesejahteraan serta meningkatnya daya saing.

"Seluruh biaya bantuan modal usaha dibebasnkan kepada DPA Dinas Perindagkop Kota Jayapura tahun 2017 bersumber dari Dana Otsus," ungkap Kadisperindagkop.

Data yang diperoleh Humas, penerima bantuan bahan dan peralatan adalah pelaku usaha IKM, UMKM dan koperasi adat dan keperasi masyarakat yaitu penerima bantuan bahan dan tempat pelayanan kopersasi terdiri atas 3 koperasi adat dan 4 koperasi masyarakat, penerima bantuan bahan dan peralatan, terdiri dari 12 kelompok usaha, penerima bahan dan peralatan pemangkas rambut berjumlah 10 orang dari 10 kampung, usaha catring untuk 20 orang dari 3 distrik  usaha kios 60 orang dari 5 distrik, serta kelompok pembatik terdiri 5 kelompok dari distrik abepura.

(IS/HK)
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata