1. HOME
  2. KABAR KOTA JAYAPURA

Pelatihan membatik Distrik Abepura dalam rangka menyambut PON 2020

Pelatihan tersebut didominasi oleh mama-mama asli Papua yang tersebar di wilayah Distrik Abepura.

©2017 Merdeka.com Editor : Ibnu Siena | Jum'at, 25 Agustus 2017 13:15

Kota Jayapura - Merdeka.com Untuk meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat dan membuat peluang bisnis dalam rangka menyambut PON 2020 Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Distrik Abepura menggelar pelatihan membatik. Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut diikuti 70 peserta. Pelatihan tersebut didominasi oleh mama-mama asli Papua yang tersebar di delapan kelurahan dan tiga kampung di wilayah Distrik Abepura.

Wali Kota Jayapura melalui Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia Doralina de Breving mengatakan, Pemkot Jayapura mendukung sepunuh nya kegiatan membatik tersebut.

Ia melanjutkan, ke depannya Kota Jayapura sebagai tuan rumah PON 2020 sehingga ibu-ibu peserta pelatihan bisa memanfaatkan peluang dari pelatihan membatik tersebut.

"IPM kita dari tahun ke tahun terus meningkat, pelatihan seperti ini sangat baik, saya pesan kepada ibu-ibu sekalian, bisa memanfaatkan pelatihan ini dengan baik, sehingga ketika nanti PON berlangsung, batik-batik asli Port numbay ini bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk para atlet serta bisa meningkatkan pendapatan keluarga ibu-ibu sendiri," tegas Doralina saat membuka pelatihan membatik, di Kantor Distrik Abepura, Rabu (23/08).

Sementara itu Kepala Distrik Abepura Bobby Awi mengatakan, kegiatan membatik ini merupakan kegiatan rutin dan dibiayai sepenuhnya pemerintah Kota Jayapura melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Distrik tahun anggaran 2017. Acara yang diikuti 70 peserta ini dari perwakilan 8 kelurahan dan 3 kampung yang berlangsung dari tanggal 23 – 27 agustus 2017.

"Saya berharap ibu-ibu dapat belajar langsung dari ahli nya, Bapak Jimmy Afar, kegiatan seperti ini berdampak langsung untuk masyarakat khususnya dibidang pemberdayaan masyarakat, serta ekonomi kreatif," ucap Kadistrik Abepura.

Selain itu, Jimmy Afar selaku Pelatih dalam pelatihan membatik juga untuk ibu-ibu di wilayah Distrik Abepura mengatakan, pelatihan membatik yang di gelar Distrik Abepura ini sangat baik, dirinya berpesan untuk peserta harus fokus dan belajar dengan baik untuk bisa membuat sendiri karya batik Port Numbaynya.

"Kendala-kendala yang saya hadapi adalah terkadang selesai pelatihan, ibu-ibu ini "tidur" atau mati suri, apa yang didapat selama pelatihan tidak ada hasil. Saya mendorong untuk Kepala Kelurahan untuk terus memberikan pelatihan lanjutan, kami juga akan terus membimbing ibu-ibu yang memang serius mau berusaha. Ini peluang bisnis untuk PON 2020, karya batik Port Numbay ini unik, motif gambar di dalam kain batik, seolah-olah bercerita tentang adat jati diri dan budaya tanah Tabi, ini yang membedakan batik asli Port Numbay dengan Batik-batik didaerah lain," tegas Jimmy Afar. (rep/LolitaS)

(IS)
KOMENTAR ANDA