1. HOME
  2. KABAR KOTA JAYAPURA

Jayapura jadi barometer bagi kabupaten di Papua menuju Penghargaan Kota Sehat 2017

ayapura menjadi satu-satunya Pemda di tanah Papua yang dinilai oleh Kementerian Kesehatan untuk kategori Kota Sehat diseluruh Indonesia.

©2017 Merdeka.com Editor : Rizlia Khairun Nisa | Jum'at, 29 September 2017 17:56

Kota Jayapura - Merdeka.com Pemerintah Kota Jayapura menjadi satu-satunya Pemda di tanah Papua yang dinilai oleh Kementerian Kesehatan untuk kategori Kota Sehat diseluruh Indonesia. Hal ini terungkap dalam verifikasi dan pemaparan forum kota sehat yang bertempat di ruang rapat Wali Kota Jayapura yang dipimpin langsung oleh Rustan Saru, selaku Wakil Wali Kota, Kamis (28/9).

Wilayah Kota Jayapura yang mengikuti program kota sehat mencakup seluruh 5 distrik dengan jumlah 25 kelurahan dan 14 kampung. Forum kota sehat sendiri dibentuk melalui SK Wali Kota Nomor 46 tahun 2017. Sementara itu, ketua tim verfikasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Tri Saptaningsi, yang didampingi anggotanya Doni Mulyadi mengatakan, penilaian dan penghargaan kota sehat ini telah dilaksanakan sebanyak 12 kali di tingkat pusat dan 6 kali ditingkat provinsi di seluruh Indonesia. Pihaknya bangga, untuk Tahun 2017 ini Kota Jayapura dapat mewakili kabupaten/kota di Papua untuk menjadi Kota Sehat.

"Kota sehat sebenarnya adalah program pemerintah pusat untuk mendukung pemerintah daerah dalam mewujudkan kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat, yang dilaukan melalui berbagai kegiatan berbasis masyarakat yang dilakukan secara berkesinambungan. Jadi program kota sehat ini bukanlah tujuan akhir kita, kami cukup menyesalkan, yang pernah mendapatkan penghargaan seperti ini justru mati suri, tidak ada kesinambungannya," ucap Tri Septianinsi.

Lanjut Tri, di dalam program ini tidak hanya di sektor kesehatan, tapi juga dari segi ketahan pangan dan pertanian yang ada hubungannya dengan dinas perdagangan. Proses pemberian penghargaan kota sehat di seluruh Indonesia ini untuk tahun 2017, diikuti oleh 173 kabupaten/kota dari 26 provinsi, terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari tahun 2015 yang hanya diikuti 147 dari 23 Provinsi. Terdapat 3 kabupten/kota yang baru mengikuti Program Kota sehat, salah satunya Kota Jayapura,

"Sekali lagi kami apresiasi ini, Kota Jayapura diharapkan menjadi contoh bagi 28 kabupaten lainnya di Provinsi Papua, dalam hal mewujudkan kota yang bersih, indah, nyaman dan sehat. Kami dengar juga Kota Jayapura sudah 5 kali mendapat Piala Adipura, ini patut menjadi contoh", puji Tri Septianingsi

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, dalam arahannya di hadapan tim verifikasi mengatakan, pemerintah kota mengucapkan terimakasih kepada tim verifikasi yang telah bersedia hadir di Kota Jayapura untuk menilai dan melakukan pembinaan pada 2 kategori, yakni pemukiman dan sarana prasarana dalam penghargaan kota sehat.

"Saya perlu sampaikan kepada tim, saya sering melakukan sidak ke beberapa puskesmas. Dengan tujuan agar masyarakat dapat diberi pelayanan yang baik, melalui Bappeda dan Dinas PU, kita juga saat ini fokus untuk menanggulangi banjir, sehingga kota ini bersih, kalau bersih, maka rakyat pasti sehat," tutup wakil Wali Kota.

(RKN)
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata