1. HOME
  2. KABAR KOTA JAYAPURA

Cegah banjir, Wali Kota rekonstruksi kali Konya

Saat hujan lebat turun, banjir kerap melanda Kota Jayapura, khususnya daerah Abepura.

©2017 Merdeka.com Editor : Haris Kurniawan | Kamis, 14 September 2017 15:43

Kota Jayapura - Merdeka.com Saat hujan lebat turun, banjir kerap melanda Kota Jayapura, khususnya daerah Abepura. Hal tersebut mendapat perhatian serius dari Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano.

Wali Kota didampingi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Bappeda, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Kesehatan, Kepala Distrik Heram dan Kepala Kelurahan Hedam, serta Satpol PP memantau langsung di pintu air Konya, Kelurahan Hedam, Distrik Heram.

Benhur mengatakan, jelang musim hujan pada akhir tahun ini, pemerintah segera merekonstruksi kali tersebut menjadi dua arus pembuangan.

"Hari ini saya dan beberapa OPD melihat langsung pintu air kali Konya, kali ini kalau hujan lebat turun akan meluap karena sampah dan penyempitan yang diakibatkan pedangkalan kali," ujarnya saat memantau saluran pembuangan di pintu air kali Konya, Selasa, (29/8).

Maka dari itu, ia memerintahkan agar sampah-sampah di pintu air tersebut untuk dibersihkan. Ia juga meminta agar kali tersebut dikeruk dan aliran akan dibukan menjadi dua. Satu di kali Acai, dan yang satunya dialirkan hingga tembus di belakang hotel 77.

"Kalau perlu kita bikin embung, Dinas PU harus kerjakan itu," tegasnya.

Terakhir, ia menambahkan, pihaknya juga akan membangun pembatas sampah di kali Konya, serta peninggian talud jalan. Kemudian untuk akses jalan di perumahan Organda Abepura akan diperluas dan dirapikan. (AMANDA FN)

(HK)
KOMENTAR ANDA