1. HOME
  2. KABAR KOTA JAYAPURA

8 Fraksi setujui 13 Raperda, Wakil Wali Kota soroti kawasan tanpa ludah pinang

8 Fraksi setujui 13 Raperda, Wakil Wali Kota soroti kawasan tanpa ludah pinang

©2017 Merdeka.com Editor : Haris Kurniawan | Kamis, 09 November 2017 15:54

Kota Jayapura - Merdeka.com Sebanyak 8 fraksi menerima dan menyetujui 13 raperda usulan eksekutif dan inisiatif dewan, Wakil Wali Kota perhatikan Perda Kawasan Tanpa Ludah Pinang sebagai bagian dari penertiban lingkungan.

"Budaya makan pinang disamping harus dilestarikan juga harus dibarengi dengan menjaga kebersihan dan tampilan lingkungan, sebelum disahkan Provinsi dan diteruskan ke Kemendagri, Pemkot akan lakukan pendekatan dan sosialisasi kepada masyarakat," katanya pasca Rapat Paripurna di DPRD Kota Jayapura, Abepura, Senin (6//11).

Perda Kawasan Tanpa Ludah Pinang dimaksudkan agar masyarakat lebih peduli dengan kebersihan lingkungan, dengan tidak meludah di sembarang tempat atau meludah pinang di tempat yang sudah disediakan. Melalui Perda ini, Pemkot memiliki dasar hukum untuk melakukan tindakan jika ada warga yang melanggar, dengan menjatuhi sanksi hukum yang berlaku nantinya.

Kemudian, 13 Perda yang telah diterima dan disetuji, enam di antaranya berasal dari usulan eksekutif yaitu Perubahan Ketiga atas Perda Kota Jayapura No. 2 Tahun 2012 tentang Retribusi dan Umum, Raperda Perubahan atas Perda Kota Jayapura No. 5 Tahun 2016 tentang Pembentukkan dan Susunan Perangkat Daerah, Raperda Peningkatan dan Pencegahan Kualitas Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh di Kota Jayapura, Raperda Pelestarian, Pengelolaan, dan Pengembangan Pangan Lokal Port Numbay, Raperda Kawasan Tanpa Ludah Pinang, dan Raperda RPMJD 2018-2022.

Terdapat tujuh raperda inisiatif dewan yang di antaranya Raperda Kantong Plastik Ramah Lingkungan, Raperda Penataan Aksesori, Raperda Tata Kelola Tanah dan Wajib Ulayat, Raperda Penataan Bangunan dan Lingkungan di Kota Jayapura, Raperda Badan Usaha Milik Daerah, Raperda Perubahan atas Perda No. 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Kebersihan, dan Raperda Penyelenggaraan Televisi melalui Kabel.

(HK)
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata