1. HOME
  2. KABAR KOTA JAYAPURA

Modernisasi pengadaaan barang/jasa, Kota Jayapura sudah pada level excellence

Sekretaris Daerah, R D Siahaya, tegaskan bahwa Kota Jayapura berada pada level excellence, pada pendampingan Millenium Challenge Account (MCA).

©2017 Merdeka.com Editor : Rizlia Khairun Nisa | Rabu, 04 Oktober 2017 11:43

Kota Jayapura - Merdeka.com Sekretaris Daerah, R D Siahaya, dalam konsultasi dan pendampingan pengadaan barang/jasa Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia (LKPP RI), tegaskan bahwa Kota Jayapura berada pada level excellence, pada pendampingan Millenium Challenge Account (MCA).

"Kota Jayapura sudah mendapat pendampingan oleh MCA dan kita berada di level excellence dan jadi pusat pembelajaran. Lewat kegiatan ini diharapkan kabupaten lain bisa ikut bersama melihat apa yang sudah dilakukan di Kota Jayapura untuk diimplementasikan di daerah masing-masing," katanya pasca menghadiri Kegiatan Modernisasi Pengadaan oleh Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah (LKPP RI), di Swiss-bel Hotel Jayapura, Selasa (3/10) kemarin.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan penyelenggara barang/jasa di Provinsi Papua dan Papua Barat. Direktur Advokasi dan Penyelesaian Sanggah Wilayah II, M Arif Supriyanto, mengatakan bahwa terdapat dua gagasan modernisasi pengadaan yakni implementasi pobity advice dan konsolidasi pengadaan.

"Pemberitaan pengadaan rata-rata bernada negatif hampir di semua tempat, perihal penyimpangan implementasi pengadaan dan lainnya. Melalui dua gagasan ini, kami yakin bahwa penyimpangan dan kesulitan akan bisa tereliminasi secara signifikan," katanya menyampaikan penjelasan modernisasi pengadaan barang/jasa.

Ia menambahkan pada aspek probity advice adalah suatu sistem atau mekanisme di mana mengedepankan tiga pilar, yaitu integritas, kejujuran dan kebenaran. Pada konteks pengadaan, implementasi ketiga pilar ini akan memberi warna pada bidang pengadaan, karena pengadaan merupakan motor pembangunan infrastruktur daerah. Penyerapan anggaran akan maksimal sehingga tidak mengendapkan SILPA di akhir tahun anggaran, juga permasalahan hukum yang diminimalisasi.

Modernisasi menuju value for money menjadi penekanan pada optimalisasi pengadaan yang artinya kualitas barang nomor satu diikuti harga nomor satu, bukan sebaliknya harga nomor satu namun kualitas nomor dua atau tiga.

Di akhir pembukaan, Arif bersama para sekretaris daerah menandatangani MoU komitmen bersama yang menyebutkan, mendukung modernisasi pengadaan melalui probity advice dan konsolidasi pengadaan dan menyusun rencana aksi implementasi probity advice dan konsolidasi pengadaan.

(RKN)
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata